Piilih punya banyak blog ataukah satu saja?


Tadinya, aku bermaksud menjadikan blogku terdahulu, yaitu muhshodiq.wordpress.com sebagai satu blogku yang utama, yang menghimpun semua tulisanku dengan berbagai topik. Namun aku sering menerima komplain dari pengunjung yang mendapat postingan yang topiknya dianggapnya kurang sesuai bagi dirinya. Aku sudah menawarkan mereka untuk berlangganan RSS pada kategori tertentu. Namun ternyata ada banyak yang lebih suka berkunjung langsung daripada melalui RSS.

Lalu aku berpikiran hendak kembali seperti dulu, yaitu mengelola banyak blog, dengan setiap blog hanya membahas satu topik tertentu. Bagi pengunjung, ini mungkin memudahkan. Namun bagiku, mungkin itu agak merepotkan. Karena itu, aku ambil jalan tengah, yaitu mengelola secara rutin lima empat blog utama saja:

  1. M Shodiq Mustika – shodiq.blogetery.com – catatan harian seorang penulis buku
  2. Suara Mustika – muhshodiq.wordpress.com – berita/cerita terheboh & lowongan kerja terbaru, dan catatan harian M Shodiq Mustika
  3. Pesantren Cinta – ilmucinta.wordpress.com – Setetes ilmu cinta dari samudera agama Islam, psikologi, filsafat, sastra, dan sebagainya
  4. Islamkah ini? – islamkah.dagdigdug.com muslimmoderat.wordpress.com – marilah belajar dan terus belajar tentang seluk-beluk Islam
  5. Terus Berkembang – terus-berkembang.blogspot.com – pengembangan diri, karir, penulisan & blogging

Bagaimana menurut sampeyan?

  • Technorati
  • Facebook
  • Twitter
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit

0 Response to "Piilih punya banyak blog ataukah satu saja?"